HIV

HIV

Assalammu’alaikum Wr. Wb.

Salam silaturahmi dan sejahtera untuk kita semua,

setiap tanggal 1 Desember kita terutama pemuda-pemudi, memperingati Hari Aids Internasional itu. Aids yang telah bersama kita selama sekitar dua dekade, tetap menjadi masalah yang terus harus dihindari dari diri kita semua. Dan hari ini tema yang saya angkat adalah Aids dalam Kehidupan.

 

Pertama-tama, saya akan sedikit berbagi informasi yang saya tahu tentang aids. Aids. Aids adalah sek umpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus (Human Immunodeficiency) HIV. Virusnya itu sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus atau disingkat HIV, yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap . Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan. Maka dari itu saya menghimbau kepada masyarakat khususnya pemuda-pemudi jagalah pola hidup anda, jangan sampai anda terkena Aids, karena penyakit ini belum ditemukan obatnya. Lebih baik kita mencegah daripada mengobati.Banyak cara yang diduga penyebab penularan virus HIV, namun yang pada umumnya ialah sebagai berikut:

Transmisi Seksual

merupakan penularan infeksi HIV yang paling sering terjadi.. Infeksi dapat ditularkan dari setiap pengidap infeksi HIV kepada pasangan. Pada penelitian yang dilakukan oleh Darrow (1985) ditemukan resiko Orang yang sering berhubungan suami istri dengan berganti pasangan merupakan kelompok manusia yang berisiko tinggi terinfeksi virus HIV.

Transmisi Parental

Ada dua cara pada transmisi parental ini, yang pertama adalah dengan penggunaan jarum suntik yang sudah terkontaminasi dan yang kedua adalah melalui transfusi darah meskipun sekarang sudah sangat jarang karena darah donor telah diperiksa sebelum ditransfusikan.

Transmisi Transplasental

Penularan dari ibu yang mengandung HIV positif ke anak mempunyai resiko sebesar 50%. Penularan dapat terjadi sewaktu hamil, melahirkan dan

sewaktu menyusui. Penularan melalui air susu ibu  termasuk penularan

dengan resiko rendah.

 

Selanjutnya saya menghimbau kepada kawan-kawan pada umumnya agar senantiasa menjaga diri dari Aids dengan melakukan pencegahan sejak dini. |Dan pada orang-orang sekeliling kita yang terjangkit Aids janganlah kita menjauhinya, tapi dekatilah dalam semangat kasih, kasihan dan perawatan, dan dengan kita masing-masing mengasihi orang-orang seperti mereka, maka kita dapat mengatasi banyak tantangan untuk HIV / Aids. Saya yakin akan hal tersebut. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

 

By.khuznulafath@yahoo.co.id

 

About khuznulkhotimah

simple N' to the point

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s